Flash Firmware Samsung Galaxy S6 Active (SM-G890A)

Samsung Galaxy S6 Active (SM-G890A)
Samsung Galaxy S6 Active



Firmware
 
Odin Flashtool

Cara Flasing ROM Android Samsung

Sebelum melakukan flash, poin paling penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP, BACKUP dan BACKUP ROM. Karena apabila terjadi kesalahan saat proses flashing, maka kita bisa merestore (mengembalikan) ke posisi sebelumnya. Adapun alat serta aplikasi yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  1. Komputer (Desktop / Laptop)
  2. Download Aplikasi ODINdan Ekstrak filenya ke dalam komputer
  3. Kabel USB (disarankan yang asli/original)
  4. Stock/Custom Rom Samsung.

Langkah #1. Install Samsung USB Driver kedalam komputer. Setelah selesai, restart komputer sobat.

Langkah #2. Matikan ponsel. Masuk ke menu downloading dengan cara menekan tombol "Power+Home+Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3 sampai 5 detik. Tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk continue / melanjutkan.


Langkah #3. Apabila sudah berada pada menu downloading, selanjutnya sambungkan ponsel ke komputer melalui kabel usb.








Langkah #4. Ekstrak ODIN dari file zip kemudian jalankan dengan cara klik kanan, pilih run as administrator. Sebelum lanjut, pastikan terdapat ID port usb di bawah "ID:COM", jika tidak ada, coba ganti kabel usb atau pindahkan kabel usb ke port usb lainnya.




Langkah #5. Klik tombol "AP" dan cari tempat dimana ROM android tersimpan (ekstensi file tar.md5) yang akan dipasang kedalam ponsel. Setelah ketemu, klik open lalu lanjutkan dengan mengklik tombol start pada odin.



Langkah #6. Proses pemasangan ini akan memakan waktu beberapa menit. Silahkan tunggu. Setelah pemasangan selesai dan berhasil, maka akan terdapat pesan "PASS!" di bagian sebelah kiri atas odin. Pada tahap ini, sobat bisa mencabut kabel usb serta menutup aplikasi odin.






Langkah #7. Kembali ke ponsel. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot. Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke menu pengaturan awal android. Selamat, pemasangan rom baru sudah selesai, Silahkan atur sesuai dengan keinginan sobat.



Jika Gagal Melakukan Flashing

Seperti yang sudah ditekankan sejak awal, bahwa poin penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP terlebih dahulu. Karena jika terjadi kegagalan dalam pemasangan, maka kita bisa melakukan restore kembali. Tetapi apabila sobat lupa melakukan backup, cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Perbarui aplikasi ODIN dan USB Samsung Driver
  2. Ganti kabel usb atau pindahkan ke port usb lainnya
  3. Jalankan ulang kembali ODIN (Run as administrator)
  4. Download Ulang ROM Android. Pastikan rom tersebut sudah sesuai dengan model ponsel samsung sobat
Selamat mencoba, semoga berhasil dan DO WITH YOUR OWN RISK (DWYOR).


Comments

Popular posts from this blog

Cara Flash Firmware Samsung J1 SM-J100H/DS Via Odin

How to Update Android 7.0 Nougat / EMUI 5 on Huawei Nova Without Unlock Bootloader.

Cara Flash Firmware Samsung SM-A530F Via Odin (4 file)